Jumat, 09 Mei 2008

UTS Electronik business

Nama: Harry Setiawan Mata Kuliah: Electronic Business (EB-1502)
NPM: 1.413.005 Angkatan: XIV (Empat Belas)
Dosen : Didit Damurochman, ST.,MT
Jawaban UTS Electronik Busines
soal 1 :
Pengetahuan yang paling penting pada perkuliahan in menurut saya saya dapat mengetahui bagaimana seluk beluk tentang internet yang lebih spesifik seperti :
· Mengetahui situs aplikasi pembuatan penawaran dan penjualan, dengan membagi menjadi 2 kelompok yaitu penjual dan pembeli, kita mencoba untuk membuat aplikasi penawaran dan penjualan, dengan saling menawar dan menjual suatu produk. Hal tersebut dapat membantu dalam memahami membuat suatu penawaran atau pembelian barang di Internet.
· Blogger.com memaparkan suatu tempat untuk membuat blog pribadi sendiri. Dari permulaan ini dapat menuliskan semua tulisan-tulisan maupun pemikiran kita ynag dapat direfleksikan dalam sebuah blog dunia maya, yang nantinya diharpakan bisa berkembang jadi suatu usaha, bisnis atau apapun yang kita inginkan
· Google Analytics, memperlihatkan ke kita sampai sejauh mana situs yang dimiliki selalu dikunjungi oleh orang lain, memberikan data frekuensi jumlah kunjungan situs atau alamat web site dari perhari, perbulan, dan pertahun jika dinginkan. Jika memiliki sebuah situs atau alamat web sendiri, dapat melihat data kunjungan ke situs atau alamat web tersebut. Hal ini akan sangat berpengaruh, jika ingin membuat suatu iklan dunia maya, maka kita dapat menentukan situs mana yang akan dipajang iklan tersebut nantinya.
· Google AdWords, memaparkan bentuk pelayanan penyajian iklan di situs atau web. Hal ini penting jika kita ingin mengiklankan produk kita, kita dapat menggunakan Google AdWords sebagai sarana layanan iklan yang dapat diatur sendiri.
· Google Trends, untuk mengetahui seberapa besar dan banyak kepopuleran suatu barang atau jasa tersebut. Hal ini dapat membantu trend apa yang sedang popular dewasa ini, yang nantinya dapat dilakukan perencanaan untuk membuat barang atau jasa yang memiliki trend yang tinggi.

Soal 2 :
Dapat merubah pemikiran organisasi dengan adanya e-bisnis dikarenakan e-bisnis membantu organisasi dalam berkembang kearah yang lebih baik karena ditopang oleh teknologi e-bisnis dalam setiap kegiatan organisasi mulai dari tingkat atas maupan bawah untuk berkomunikasi untuk mencapai tujuan perusahaan. Sehingga perkuliahan ini akan dapat merubah sedikit pemikiran tentang e-bisnis.

Soal 3 : kerpercayaan sangat penting karena tanpa kepercayaan seseorang sulit untuk menggunkan e-bisnis transaksi, setiap kegiatan usaha yang real memerlukan kepercayaan konsumen apa lagi yang bersifat dunia maya lebih memerlukan banyak kepercayaan,alas an lainnya :
· Banyaknya terjadi penipuan dan kejahatan dalam dunia maya, dalam e-bisnis. Sehingga jika kita tidak hati-hati dalam bertransaksi, maka yang akan terjadi hanya akan merugikan saja.
· Jika Sekali saja bisnis kita tidak dipercaya oleh masyarakat di bunia maya, itu bisa mendapat efek buruk, maka apabila ada kemungkinan pihak lain yang tidak mempercayai kita akan menginformasikan ketidakpercayaan mereka kepada pihak lain, jika hal ini dilakukan di dunia maya, maka informasi itu bisa menyebar luas dan dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan e-bisnis kita.

Ukuran kepercayaan pada e-bisnis organisasi yaitu banyaknya konsumen yang menggunakan instrument e-bisnis tersebut dan transaksi yang terjadi selalu meningkat dari tahun ke tahun.
Amazon dan yahoo memberikan jamina kepercayaan kepada merchant yang menggunakan fasilitasnya melalui adanya :
Adanya didalam perjanjian term of agreement yang dipayungi oleh jaminan hukum
Adanya suatuProses penawaran dan penjualan dilakukan dengan peraturan yang menjamin kelancaran penawaran dan penjualan tersebut yang harus dipatuhi oleh dua pihak.

Soal 4 : e-commerce menjadi sebagai bagian e-bisnis karena E-commerce lebih sempit jika dibandingkan e-bisnis, e-bisnis sangat luas penggunaanya dengan menggunakan teknologi untuk menjalankan bisnis yang diharapkan dapat memberikan hasil, memberikan dampak yang nyata kepada bisnis secara keseluruhan. Sedangkan e-commerce ruang lingkupnya mengacu pada penggunaan prasarana internet untuk melakukan proses belanja online, seperti belanja produk dan jasa. Contohnya pemesanan tiket maskapai penerbangan airasia yan dapat dilakukan oleh konsumen didalam internet. E-bisnis terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan para klien atau nasabah melalui email. Pemasaran dilakukan melalui internet, menjual produk atau jasa melalui internet, menggunakan internet untuk riset pasar, menggunakan internet untuk meng-hire orang, menggunakan internet untuk promosi produk dan jasa, dan sebagainya.
Saat ini kita bias dikatakan hidup dizaman cyberlife. Sedikit sekali semua aspek yang tidak terlepas dari sentuhan teknologi, baik teknologi zaman dahulu maupun terkini, terutama untuk teknologi elektronika. Begitu pula halnya dengan telekomunikasi, dengan adanya konvergensi antara teknologi komunikasi, informatika, dan elektronika, maka telkomunikasi tidak lagi sebatas sebagai sarana penghubung untuk komunikasi yang terbatas jarak. Sehingga siapapun yang memiliki mobile commerce dan wireless commerce, maka informasi baru akan cepat tersampaikan tanpa adanya hambatan ruang dan waktu, hal ini adalah kunci dalam memenangkan persaingan. Halangan dalam implementasinya:
· Belum adanya cyberlaw, cyber policy, dan badan setingkat menteri di Indonesia untuk menfasilitasi pemanfaatan secara maksimal wahana 3C (computer, communication & content)
· Masih banyak perusahaan yang belum memanfaatkan ataupun mengimplementasikan e-bisnis dalam kegiatan bisnisnya.
· Sarana komunikasi terkadang hanya dipakai untuk berkomunikasi dan mengirim pesan, belum banyak yang memanfaatkan secara penuh kontent-kontent yang ada di dalam media komunikasi tersebut.

Soal nomor 5
ERP menjadi tulang punggung dari opersai E-bisnis karena ERP dalam hal ini berfungsi dalam mengintegrasikan fungsi-fungsi manajemen menjadi suatu sinerg yang saling berkaitan,
Contoh didalam suatu perusahaan yang besar, dengan adanya suatu aplikasi ERP dalam perusahaan tersebut, sangat memudahkan setiap pihak di dalam maupun di luar perusahaan tersebut untuk mengakses segala informasi sesuai dengan otorisasinya yang ada, maka setiap pihak dapat mengerjakan tugas dan wewenangnya lebih cepat dan hampir tanpa batas ruang dan waktu. Dan hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam pengimplementasian e-bisnis.

Tidak ada komentar: